Hal yang seharusnya di ajarkan dalam perkuliahan



Lets talk about college, sebagian  orang "masih" menganggapnya something special yg bisa menjamin masa depan mereka, sebagian berfikir skeptis dan merasa tidak terlalu penting untuk mencapai  kesuksesan. dan saya rasa tidak ada yg lebih benar, kenapa? mungkin saya akan jelaskan nanti karena kita tidak sedang membahas itu sekarang,, yg akan kita diskusikan sekarang adalah sistem pendidikan di perkuliahan itu sendiri.

First thing first saya juga adalah seorang mahasiswa, jurusan sistem informasi dikampus STMIK ROYAL KISARAN walaupun masih semester 4 disaat menulis ini nukan berarti saya tidak aware tentang apa yg terjadi di sistem perkuliahan.  Niat saya kuliah pertama kali , saat itu saya ingin mendapatkan gelar sarjana dan lulus dgn IPK cukup untuk dapat kerjaan yg layak, dan mungkin membuka peluang usaha dgn skill yg saya dapatkan nnti,  i know semuanya juga seperti itu kan?

Hingga akhirnya dunia nyata membukakan mata saya, semuanya tidak semudah itu, bisa saja kalian master dalam web programing, ahli dalam perancangan database, ipk maksimal tp tidak membuat banyak perbedaan dalam kehidupan setelah lulus, resume yang dikirimkan ke perushaan hanya akan jadi tumpukan berkas yg tidak berarti apa apa. Apa yang salah? Mengapa dunia sekejam ini (kata yg lebay) emang kejam man! baru nyadar? where the hell have you been ????

APA YANG SALAH? oke mari kita jawab pertanyaan ini. Tidak ada yang salah sama sekali !. Contohnya kampus saya, saya dengan percaya diri menyatakan bahwa proses belajar mengajar disana sangatlah baik dan efektif,  Kampus bnyak menghasilkan lulusan yang memliki skill mumpuni , tetapii setelah lulus seperti kehilangan arah dan tidak tau harus kemana disaat peluang kerja semakin menipis.. dan kebutaan ini menurut saya disebabkan oleh hal hal yang seharusnya diajarkan kepada kita saat duduk dibangku kuliah, yang  akan menjadi bekal kita untuk menghadapi dunia nyata, kemampuanmu dalam membuat program, desain web , percancangan sistem dll tidak akan kemana mana tanpa softskill yang harus nya diajarkan di setiap kampus dan segala jurusan ini,


1. Networking (membangun relasi) .

Membangun networking adalah hal yang sangat vital, menjalin relasi dgn  banyak  orang dan terutama jika mereka adalah orang2 yang berpengaruh merupakan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan, 

Data menunjukkan 66% orang yang bekerja disuatu perusahaan adalah mereka yang memiliki relasi dengan orang perusahaan atau istilahnya orang dalam, tidak bisa dipungkiri ini nyata. Apalagi bisnis, bisnis akan sangat pesat perkembangannya jika terlibat dengan banyak jaringan yg kita ciptakan, jangan merasa terlalu spesial bisa mengembangkan usaha mu tanpa bantuan orang lain, kelilingi diri dengan orang orang  yg memiliki visi misi yang sama dengan kita, atau mereka yang bisa memberikan pelajaran untuk kita dan menjadi mentor agar kita bisa menjadi versi terbaik dari diri kita.

2. Branding and Selling

Harus saya akui, ilmu  tentang marketting , selling atau branding  terutama di jurusan bukan bisnis.. arrggh sangat memprihatinkan yang diajarkan hanya teori teori dasar tentang penjualan, target pemasaran , manajemen dan hal basic lainnya, Kita semua pasti mengerti inti dari semua ini adalah selling selling selling, hello... itu yang harus dikuasai, skill menjual, skill membuat brand kita dikenal orang banyak, bagaimana mendapat perhatian dari konsumen,, karena penjualan itu intinya adalah mendapatkan perhatian, dimana perhatian tertuju disitu ada uang yang mengalir. Kita capek mendapat nasehat kerja keras kerja kerass. Kerja keras tidak akan sampai kemana jika kita tidak tau pasti bagian mana yang harus di perbaiki. 

3. Public Speaking dan Presentasi

Memang sih presentasi dikampus itu udh jadi makanan sehari hari,, tapi coba jujur apa ngomong sambil lihat power point gitu bisa dibilang presesntasi?  jauuh man.. jauuuh. Pernah nonton Steve Job presentasi?? that's the real presentation!! not the kind of shit we do everyday dude! saya juga ga pinter presentasi itulah mengapa saya perlu menambahkannya ke dalam daftar ini.. tujuan utama dari public speaking itu untuk  mendapatkan ketertarikan dari audiens terhadap topik yang kita bawakan, Topik yang sangat membosankan juga bakal jadi sangat menarik kalau kita punya skill public speaking yang mumpuni. Dan menurut saya skill ini harus dimiliki semua mahasiswa tanpa terkecuali dijurusan apa mereka kuliah. 

4. Meningkatkan Produktifitas

Pasti sejak kecil kita semua dilatih untuk disiplin, kerja keras, memanfaatkan waktu sebaik baiknya and all of that good shit, tapi apakah hal hal itu berbanding lurus dengan produktifitas kita?? opss not always.. Terkadang, oh bukan terkadang tapi sering kali kita bekerja atau belajar sampai seharian , dengan harapan semakin banyak waktu yang dihabiskan maka hasil akan semakin baik, memang ini hal yang cukup baik untuk dilakukan tapi hasilnya seakan menipu disaat kita lihat orang yang kerjanya hanya beberapa jam dan belajar beberapa menit bisa menghasilkan output yang sama atau bahkan lebih besar dari kita. Disinilah  skill produktifitas mengambil peran, kita bisa saja jadi orang yang paling bekerja keras dikantor, paling tekun belajar dikelas tapi bakal selalu ada orang yang dengan inverstasi waktu lebih sedikit mendapat hasil yang sama dengan kita.. So, memaksimalkan produktifitas ini harus masuk dalam skill set kita. 




Itulah Hal Hal yang menurut saya sangat penting namun tidak diajarkan di bangku kuliah. semoga tulisan saya bermanfaat..

Hell YEAH!!!!
I'M OUT!!





3 comments:

Powered by Blogger.